via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Meski bukan seperti mencari jodoh, memilih tempat kos tetap harus diperhitungkan matang-matang. Selain jarak, harga, dan fasilitas, suasana tempat tinggal taktis itu juga harus dipertimbangkan.

Malas banget, kan, ketika terpaksa pindah akibat suasana tinggalnya tak sesuai dengan yang dipromosikan pemilik kosan ketika awal dulu. Oleh karena itu, pahami betul 24 tipe kosan yang ada di sekitar Tangerang Selatan, seperti yang dicontohkan di bawah ini.

1. Tempat Kos Asik

via giphy.com

Tempatnya asik dihuni karena para tetangga mudah diajak ngobrol, sopan, dan gak pernah berisik tengah malam (kecuali pesta tahun baru yang diadakan satu kosan). Ketika nongkrong bareng, hubungan antar tetangga sudah seperti keluarga sendiri.

2. Tempat Kos dengan Jam Malam

Walau bukan di area militer, beberapa tempat menerapkan jam malam. Berarti, gerbang akan dikunci pada jam tertentu setelah mata hari terbenam. Para penghuni tidak bisa seenaknya keluar-masuk karena butuh izin terlebih dahulu dengan pemilik tempat.

3. Tempat Kos Wanita

Dari namanya sudah jelas. Tempat ini khusus dihuni Kaum Hawa. Biasanya, banyak cowok langganan bertamu, terutama saat menjemput dan mengantar pulang para penghuni yang jadi pacar atau modusannya.

4. Tempat Kos Pria

Tempat khusus Kaum Adam itu pilihannya hanya dua. Kalau tidak sepi karena penghuninya sedang ngapel di tempat cewek atau jadi tempat nonton bareng pertandingan Liga Champions. Yang manapun, tempat cowok relatif lebih jorok dari tempat cewek.

5. Tempat Kos Campur

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Meski namanya campur, penghuni beda kelamin jelas gak bisa tinggal satu kamar kecuali udah suami-istri.

6. Tempat Kos Angker

Tempat boleh berada dekat masjid atau universitas Islam, tapi keangkeran gak kenal lokasi. Sudah jelas, tempat ini membuat penghuninya punya stok cerita hantu yang bisa diceritain ke teman hingga anak-cucu nanti.

7. Tempat Kos Siluman

Ada tempat yang pemiliknya juga jualan nasi dan lauk-pauk. Ada juga yang punya warung fotokopian. Kadang, malah ada tempat yang juga punya warung londri. Apapun pilihannya, penghuni jadi mudah penuhi kebutuhan berkat “sampingan” itu.

8. Tempat Kos “Nempel”

via tenor.com

Menempel dengan apa? Bisa dengan tempat kerja, pusat perbelanjaan, atau kampus.

9. Tempat Kos Ber-AC

Sesungguhnya, sebuah tempat favorit apabila bersedia merogoh kocek lebih dalam.

10. Tempat Kos Ber-AC (alam)

Tidur dalam keadaan panas dan lembab bukan masalah asalkan uang bulanan tidak hangus semuanya untuk membayar sewa.

11. Tempat Kos Elit

Bukan hanya ber-AC, tempat elit dibangun dengan desain menarik. Gedungnya dibangun penuh perhitungan hingga terlihat minimalis seperti rumah-rumah di area Skandinavia atau klasik layaknya hunian Eropa Barat. Sewa bulanannya jelas membuat dompet mereka yang pas-pasan nangis darah.

12. Tempat Kos “yang Penting bisa Tidur”

via giphy.com

Mau ber-AC alam atau elektronik, berdesain minimalis atau tanpa desain, selama atap kamar kos tidak rubuh, tempatnya sudah layak huni. Biasanya ditempati mereka yang tidak suka repot memilih.

13. Tempat Kos “Agama-i”

Peraturan di sebagian tempat kos dibuat berdasarkan kepercayaan religius pemiliknya. Akibatnya, terciptalah tempat yang Islami, Kristeni, Protestani, Hindui, Buddhai, atau bahkan Konghuchui.

14. Tempat Kos “Listrik bayar Sendiri”

Eh, sori. Kalau biaya listriknya belum termasuk ongkos sewa tempat, berarti namanya adalah kontrakan.

15. Tempat Kos Kamar Mandi Luar

via theatlantic.com
(Sumber: theatlantic.com)

Tempat dengan biaya sewa terjangkau umumnya hanya menyediakan kamar mandi di luar kamar tidur penghuni. Pada akhirnya, akan diketahui penghuni yang lama di kamar mandi dan mana yang tidak.

16. Tempat Kos Kamar Mandi Dalam (jokes)

Kamar mandinya di dalam, tapi tempat tidurnya di luar.

17. Tempat Kos Kamar Mandi Dalam (beneran)

Kamar mandi di dalam tempat tinggal termasuk salah satu fasilitas yang dikenai biaya tambahan. Jadi, beriaplah merogoh kocek lebih.

18. Tempat Kos Basecamp

via theodysseyonline.com

Tipe ini biasa dijadikan tempat nongkrong. Makin asik dan populer penghuninya, makin banyak orang yang suka mengunjungi kosan itu.

19. Tempat Kos Tak Laku

Tipe kosan paling miris di antara yang lain. Mungkin jarang dilirik karena lokasi kurang strategis, fasilitas minim, harga terlalu mahal, atau murni karena belum mengadakan syukuran waktu pertama kali dibangun dulu.

20. Tempat Kos Rawan Maling

Biasanya, warga sekitar akan mewanti-wanti sebelum ada orang yang berniat menyewa tempat tinggal di sana.

21. Tempat Kos Tidak Rawan Maling

via defymedia.com

Apa tanda-tandanya? Deretan satpam bersiaga 24/7, pagar tinggi dilengkapi kawat berduri, kamera pengintai mengawasi tiap sudut, dan keluar-masuk harus dengan izin penjaga. Itulah ciri kosan yang tingkat keamanannya mirip-mirip Istana Presiden.

22. Tempat Kos tapi Apartemen

Beberapa tahun lalu, apartemen dipandang sebagai tempat tinggal elit. Kini, berubah fungsi jadi kosan satu kamar, saking banyaknya permintaan kamar kos di tengah lahan tanah yang terus berkurang sepanjang tahun.

23. Tempat Kos sekalian Tempat Kerja

Untuk membantu karyawan dan membuat mereka kerja tepat waktu, beberapa ruko di Tangerang Selatan juga ada yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau asrama bagi para karyawannya.

24. Tempat Kos Numpang

Dhanu: “Ji, lo tinggal di kosan mana?”

Aji: “Itu di kosan numpang sama Karis”

Pasti menyebalkan sekali jadi Karis. Hidupnya tak punya privasi karena ditumpangi *ehem* benalu mulai dari mahasiswa baru hingga kini semester 10. Kasihannya lagi, si tukang numpang banyak mau tapi sulit dimintai patungan bayar sewa.

 

*Versi lain tulisan ini tersedia di Genmuda.com dengan judul “23 Tipe Kosan yang Pasti Ada di Sekitar Kampus atau Kantor Baru Kamu