(Sumber: YouTube).
(Sumber: YouTube).

Belasan orang dalam satu tongkrongan duduk diam tak berbicara ataupun becanda satu sama lain. Mereka menunduk melihat ponsel, dengan jempol menggeser-geser layar.

Pemandangan itu tersebar rata di tempat-tempat nongkrong di Tangerang Selatan, atau mungkin di seluruh dunia pada era ini. Makanya, sampai ada ungkapan yang bilang kalau “teknologi itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.”

Selain karena ketagihan, orang-orang nongkrong kabur ke ponselnya karena feed media sosial ternyata lebih seru daripada obrolan. Nah, obrolan di tongkrongan tak seru karena orang-orangnya pada sibuk liat ponsel. Begitu saja terus sampai ladang gandum berubah jadi sereal.

Sebenarnya, ada cara supaya obrolan tetep mengalir, tak mati gaya, tapi tetap bisa lihat ponsel. Caranya, dengan mengunjungi akun-akun medsos di bawah ini, memperlihatkannya ke teman-teman, dan akhirnya, ngakak berjamaah.

1. Tahilalats (IG)

A post shared by Mind Blowon (@tahilalats) on

Lawakan Tahilalats yang dulu out of the box kini makin keluar nalar lagi. Which means, GOOD! Komik-komiknya kerap menggelitik perut sampai-sampai lupa permasalahan hidup. Karena followernya ada 2 jutaan, ada kemungkinan teman nongkrong pun sudah membacanya. Jadi, komik tahilalats selalu bisa jadi ice breaker yang ampuh.

2. Semiotika Adiluhung 1945 (FB)

(Sumber: FB S e m i o t i k a a d i l u h u n g 1 9 4 5).
(Sumber: FB S e m i o t i k a a d i l u h u n g 1 9 4 5).

Foto-foto tak bercaption yang di posting fanpage S e m i o t i k a  a d i l u h u n g  1 9 4 5  gak selalu mengundang tawa. Ada juga yang punya unsur sosial, sehingga enak jadi bahan diskusi. Misalnya, foto pemain sepakbola junior Indonesia yang salim dengan wasit asing, ketika tim lain hanya bersalaman biasa.

3. Penahan rasa berak (FB)

Mirip seperti Si Adiluhung, P e n a h a n  r a s a  b e r a k  juga rajin memposting foto yang banyak bercerita tanpa caption. Ketika kehabisan foto ngakak, mereka pun rajin mengupload tulisan “Penahan rasa berak” yang didesain menyerupai logo-logo kenamaan.

4. Komisi Pemberantasan PHP (FB)

Dari nama akunnya, sudah bisa diprediksi. Fanpage ini fokus memposting jokes-jokes soal jodoh, mulai dari penderitaan jomblo yang panjang tiada akhir, friend zone, hingga pernikahan. Ketika tak sedang memposting jokes ala Indonesia, miminnya biasa posting konten anime.

5. Kencrotawn (IG)

ya, gua maafkan kekontolan kalian di kolom komentar wahai para sobat kencrotawn, selamat lebaran gaes

A post shared by Kencrotan (@kencrotawn) on

Penikmat 9gag dan meme berbahasa Inggris pasti menyukai akun pengepul gambar yang rajin menggunakan istilah dan hashtag ala orang Barat ini. Meski begitu, bercandaan yang miminnya sajikan tetap terasa dekat karena diangkat dari keseharian anak muda Tanah Air.

6. Agan Harahap (IG)

Diskusi siang tadi perihal meme dan distribusinya beserta sebab musababnya dst dst..

A post shared by Agan Harahap (@aganharahap) on

Namanya sudah tak asing lagi. Manusia kreatif yang jago banget mengedit foto ini sempat viral bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Bahkan Telegraph.co.uksebuah media super serius dari Inggris pernah membahas salah satu foto editannya. Hingga kini pun, foto-foto editan doi masih relevan dan menarik dibahas.

7. Geboy Mujaer (IG)

Kekonyolan yang tak tertahankan konyolnya tersedia melimpah di akun pengepul video ini. Ngomong-ngomong, siapapun yang menonton video-video di akun medsos ini akan merasakan definisi sesungguhnya dari kata cringe.

8. Hati-Hati di Internet (YouTube)

Entah dari mana asal kreativitas dan kekonyolan kreator kanal YouTube ini. Dia berhasil mengumpulkan video-video lucu yang asalnya tak jelas dari mana dan menyajikannya kembali setelah diedit jadi jauh lebih lucu. Kanal ini pun sering memparodikan video klip yang sedang populer dibahas netizen.

9. VNGNC (YouTube)

Video-video “WTF Indonesia” merupakan salah satu jenis video yang disukai di kanal VNGNC. Di dalamnya, si VNGNC tak segan melontarkan komentar pedas, nyinyir, dan busuk tapi mengundang tawa kepada video lain yang ada di YouTube.

10. TaraArts Game

Gamer harus nonton kanalnya Tara Arts Game. Baik dulu atau sekarang, Tara dan Gema (kakak-beradik) selalu mengisi kanalnya dengan video permainan gamenya. Bedanya, dulu mereka berdua masih sering berkata-kata kotor sementara video yang sekarang sudah dikatakan bebas dari umpatan. Meski begitu, semua videonya tetaplah menarik ditonton.

Coba buka salah satu video dari 10 akun di atas dan beritahu teman-teman nongkrong. Kemungkinan besar mereka akan senang membahasnya dan membuat tongkrongan jadi seru lagi, jauh lebih seru daripada menonton videonya sendirian.

 

 

*Versi lain artikel ini tersedia di Genmuda.com dengan judul “9 Akun Medsos Ini Perlu Kamu Kunjungi Kalo Pengen Ngakak Setiap Hari.”