Sekadar memberi sama sekali bukan solusi berarti dalam kemanusiaan. Sebab fakir miskin, dhuafa, anak yatim, dan mereka yang terlantar pun butuh keyakinan bahwa rasa empati belum terkikir. Mereka masih bisa mengandalkan masyarakat.

Hal itu ditunjukan dalam berbagai upaya Outlet Dhuafa Yayasan Bekas Beramal sejak beberapa tahun lalu yang kini meluaskan kegiatannya dengan menggandeng pelaksana pasar pakaian gratis The Street Store Indonesia.

Sebagai sebuah Yayasan, Outlet Dhuafa berkomitmen untuk sebarkan sandang, kebutuhan sekolah, dan buku di Tangerang Selatan. Karena itulah The Street Store Indonesia dibutuhkan agar manfaat Outlet Dhuafa tersebar lebih luas.

Bersama organisasi yang berasal dari Afrika Selatan itu, mereka menggandeng lagi organisasi penghimpun relawan Indorelawan.org dan situs crowd-funding KitaBisa.com, dengan harapan mampu ajak generasi muda untuk luapkan kepedulian mereka.

Mereka merekrut relawan, kumpulkan pakaian layak, kemudian membagikannya keliling sejumlah daerah. Jakarta, Jawa Barat, Papua, Sulawesi, dan Bali merupakan segelintir daerah yang telah mereka sambangi.

Di tempat-tempat itu, mereka tawarkan hari istimewa pada penerima manfaat. Bukan hanya pakaian, mereka yang butuh bantuan pun rasakan keramah-tamahan para relawan tim humanis itu.

Ketika berbagi di Bali, 27 Agustus lalu, mereka pun tawarkan pijat dan cukur rambut gratis bagi penerima manfaat. Itu semua dilakukan hanya satu tujuan. Agar semua yakin kepedulian manusia belum mati.

Great Sale! Midnight Sale! Buy 1 Get 1! OFF 50% Up to 99% Berburu diskon selama Ramadhan, memang menyenangkan. Selalu ada tawaran menarik tiap akhir pekan. Entah itu toko offline maupun online. Dengan potongan harga berbagai tingkat dan bonus menggiurkan, kita berbondong-bondong datang menghabiskan uang THR bak di hipnotis. Sadarkah? Ada mereka yang hanya bisa menunggu bingkisan sandang. Sedangkan kita, sibuk menambah isi lemari. Daripada harus membeli lemari baru karena tidak cukup tempat, lebih baik donasikan baju lama yang sudah tidak lagi ada dalam daftar prioritas. Belajar berbagi, mulai dari donasi isi lemari. #bulungan #sevel #pejuangsandang #gift #ramadhan #midnightsale #outletdhuafa #thestreetstoreindonesia

A post shared by The Street Store Indonesia (@thestreetstoreindonesia) on

Upaya mereka akhirnya tersorot media televisi seperti DAAI TV, Kompas TV, Net TV, juga beragam media online. Sejumlah perusahaan swasta pun tidak meluputkan perhatian mereka dari gerakan itu.

Dalam beberapa kegiatan, Outlet Dhuafa dan The Street Store juga berhasil gandeng Go-Jek, Go-Box, Paguyuban Mitra Go-Box, cafe Surabi Teras, serta pusat percetakan Sejahtera Express Group.

Puluhan komunitas pun jalin kerjasama dengan gerakan tersebut. Pada akhirnya, kepedulian terkait isu krisis sandang di masyarakat tertular dari satu komunitas ke komunitas lain, seperti halnya ChARTrity Project yang juga pernah digagas Outlet Dhuafa sekitar 2015.

[Inspirasi Negeri] Sabtu minggu lalu, TSSI menjalin kerjasama dengan orang-orang hebat di Negeri ini. Surabi Teras, Go-Jek, Go-Box, dan Paguyuban Mitra Go-Box. Beberapa produk lokal, yang sukses melebarkan sayap di negeri sendiri. Inilah mereka satu satu. Foto dari kiri ke kanan : 1. Kemeja biru garis-garis (yang hampir tidak terlihat garisnya), dengan kacamata hitam di kiri atas adalahTommy Pratama, perwakilan Surabi Teras yang ikut meramaikan event TSSI di waduk pluit kemarin. 2. Baju putih "Indahnya Berbagi" tentu milik TSSI, beliau ini co-inisiator nya, biasa dipanggil Henry Agrahadi. 3. Kuning cerah di pojok kiri, Bapak Rusli Sudin selaku Ketua Umum Mitra Paguyuban Go-Box Jabodetabek. 4. Terakhir, kaos hitam di sudut bawah, Gian Satria selaku Go-Box Operational Manager. Berbagai sambutan meriah dari masing-masing sosok di atas, disampaikan saat event penyaluran donasi di Taman Kota Waduk Pluit Jakarta. Berbagi sembako dan mealbox isi surabi. Terimakasih atas kolaborasi menyenangkan @goboxindonesia @surabiteras_gintung. Semoga semakin sukses. #thestreetstoreindonesia #outletdhuafa #goboxindonesia #surabiteras_gintung #wadukpluitjakarta

A post shared by The Street Store Indonesia (@thestreetstoreindonesia) on

Relawan silih berganti, namun semangat berbagi organisasi-organisasi ini sama sekali tidak redup. Malah, terasa makin berkobar bila melihat persiapan mereka bersama perusahaan e-dagang fashion Sale Stock Indonesia tularkan kepedulian lewat iklan di badan bus.

Kita pun bisa ikut membantu dengan menjadi relawan gerakan tersebut atau sekadar sebar luaskan informasinya. Karena, kabar baik seperti ini sungguh bisa jadi oase di tengah keruhnya lini masa media sosial dengan kabar demonstrasi, kampanye hitam, dan pesimisme politik Amerika Serikat.

Selamat hari Pahlawan 10 November, Para Pahlawan Sandang