Ilustrasi bekerja di Start Ups. (Sumber: Istimewa).
Ilustrasi bekerja di Start Ups. (Sumber: Istimewa).

Penggunaan ponsel yang semakin banyak digunakan untuk mengakses internet membuat perubahan pola hidup, bukan hanya pada dunia kerja melainkan juga ketika memilih jurusan kuliah.

Berdasarkan survey media 2015, fakultas dan jurusan Teknologi Komunikasi, Ilmu Komputer, ataupun Teknik Informatika menjadi jurusan terfavorit. Wajar saja, mengingat kemampuan teknis yang diberikan jurusan tersebut sangat berguna di lingkungan kerja yang dewasa ini teknologi.

Namun, kemampuan coding dan teknis bukan satu-satunya yang dibutuhkan perusahaan besar ataupun startups kekinian. Berikut ini adalah jurusan yang diminati perusahaan startups, terutama yang yang memiliki aplikasi smartphone.

1. Bisnis / Manajemen

Kemampuan yang diberikan jurusan bisnis / manajemen dapat digunakan untuk mencari celah dan peluang mengembangkan bisnis. Selain itu, kemampuan ini juga jadikan sebuah apps startups unik dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Di jurusan Bisnis / Manajemen, tiap mahasiswa dilatih berpikir jeli sejak awal berkuliah. Dengan segala teori dan metodenya, jurusan ini mengajarkan cara tepat mencari peluang usaha, melaksanakan, dan akhirnya mengembangkannya.

2. Statistika

Menurut situs konsultan karir The Muse, kemampuan membaca dan menganalisis data sangat dibutuhkan dalam dunia aplikasi dan startups kekinian. “Pebisnis cerdas cenderung merekrut calon karyawan yang mampu melihat data dan maknanya bagi bisnis,” tulis The Muse dalam blognya.

Kejelian memeriksa angka, baik itu angka penjualan, pengunjung situs, atau ketenaran aplikasi, sangat dilatih di jurusan statistika. Jurusan itu pun membuat otak mahasiswanya terlatih memaknai angka.

3. Desain Grafis

Konsultan marketing asal Inggris Ian Moore dalam buku Does Your Marketing Sell? berkali-kali menyatakan pentingnya kemampuan menata unsur visual dan teks hingga saling berhubungan dan bermakna di dalam sebuah poster, newsletter, situs, aplikasi, atau media lain.

Jurusan desain grafis ataupun multimedia lah yang mengajarkan kemampuan tersebut. Sejak awal berkuliah, jurusan ini melatih mahasiswanya memilih font (jenis huruf), membuat elemen (garis ataupun titik), dan menyusun keduanya hingga dapat diterbitkan secara online maupun offline.

4. Bahasa / Komunikasi

Houston Chronicles (Chron) dalam situsnya menyatakan, kemampuan menyampaikan ide dan mengajak orang lain melalui tulisan merupakan kebutuhan dalam sebuah perusahaan.

Kemampuan itu berguna dalam posisi apapun terutama penulis naskah, content writer, ataupun copy writer yang biasa menulis newsletter, poster, naskah film, ataupun konten situs.

Jurusan bahasa / komunikasi merupakan jurusan yang dapat mengajarkan mahasiswa cara membuat tulisan efektif, singkat, mengajak, namun juga menyenangkan untuk dibaca. Tentu saja, jurusan itu menjadi jurusan yang diminati perusahaan.

5. Perfilman / Animasi

Selanjutnya, perusahaan besar ataupun startups juga membutuhkan orang yang mampu membuat video pendek, terutama film animasi. Video pendek tersebut biasanya dibuat untuk tujuan promosi dan disebar melalui kanal video di internet, terutama di YouTube.

Situs konsultan internet marketing ConversionXL menyatakan, video yang dibuat harus menarik dan berkualitas agar tidak tenggelam di antara ratusan video yang diupload tiap harinya. Para lulusan perfilman / animasi lah yang memiliki kemampuan membuat video seperti itu, membuat jurusan perfilman menjadi jurusan yang diminati perusahaan.

6. Musik

Dengan musik, video promosi yang dibuat bisa lebih diperhatikan penontonnya. Menurut situs konsultan internet marketing Marketing91, “Musik yang terus terngiang di ingatan bahkan setelah video promosinya selesai dapat memperbesar efektivitas video promosi tersebut.”

Dengan kata lain, musik yang enak didengar namun tidak pasaran merupakan musik yang diperlukan dalam membuat video promosi. Musik-musik seperti itu tentu saja dapat dibuat dengan mudah oleh para lulusan jurusan yang diminati tersebut.

Kemampuan yang diberikan enam jurusan tersebut dapat sangat berguna untuk bekerja di kantor-kantor yang sediakan lingkungan kreatif. Biasanya, startups seperti ecommerce ataupun jasa angkutan online membutuhkan kemampuan tersebut. Menurut kamu, ilmu apa lagi yang merupakan jurusan yang diminati perusahaan kekinian?