Dewasa ini, kumpul-kumpul anak muda tidak hanya diisi dengan canda-tawa, jajan di tempat happening, atau konser musik. Tidak. Mereka mulai menyelipkan unsur berbagi dalam acara-acara tersebut.

Jelas mereka mengemas kegiatan berbagi menjadi lebih kreatif dan menyenangkan. Tidak jarang, acara-acara berbagi yang dibuat anak muda berujung menjadi gerakan yang dilakukan secara periodik.

Tidak hanya berbagi materi, sejumlah kegiatan ataupun gerakan seperti ini memberikan kesempatan pada kalangan muda untuk berbagi apapun. Mulai dari waktu, tenaga, atau keahlian khusus mereka.

Penerima manfaatnya pun bukan hanya manusia, melainkan juga lingkungan. Kegiatan ini betul-betul mematahkan pendapat umum yang menyatakan tingginya tingkat apatisme anak-anak muda terhadap isu sosial.

Acara Gabungan

Salah satu kegiatan berbagi diadakan minggu lalu oleh tim Astu Solution. Dengan konsep saling membantu, tim Astu Solution mengajak komunitas, penikmat musik, dan cafe-cafe untuk mengadakan acara gabungan.

Meski ini merupakan acara branding pertama Astu Solution, keuntungan acara tersebut kemudian disumbangkan ke Yayasan Bekas Beramal Indonesia.

“Jadi, masing-masing punya kesempatan merambah pasar yang lebih luas. Cafe dan pemusiknya dapat pelanggan baru, sementara komunitas bersenang-senang,” kata salah satu founder Astu Solution yang akrab disapa Regina, di Kedai Come In Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (14/2/2016).

Kendati mendapat tantangan berat dari kondisi cuaca yang tidak menentu, Regina dan kawan-kawan tetap menjalankan acaranya. Menurut dia, niat baik pasti ada jalannya.

BACA JUGA: INILAH KEGIATAN DI YAYASAN BEKAS BERAMAL INDONESIA

Seperti Idola

Sementara itu, teman-teman Bon Jovi Fans Club Indonesia (BJFCI) hadir dalam acara tersebut untuk merealisasikan keinginan mereka berkontribusi kepada sesama.

Fans club ini memiliki satu divisi yang bertugas khusus untuk mengadakan atau mengikuti kegiatan sosial. “Biasanya, kami menyumbang untuk yatim piatu,” kata Vigilante BJFCI Edi Rismantoro ketika menghadiri acara Astu Solution.

Edi menjelaskan, vokalis band idola mereka saja melakukan berbagai kegiatan sosial memberantas kemiskinan melalui yayasan Jon Bon Jovi Soul Foundation. “Sebagai penggemarnya, kami pun tergerak melakukan hal serupa,” kata Edi menjelaskan.

Terus Bergulir

Selain Astu Solution, kegiatan serupa bermunculan dari anak-anak muda. Misalnya saja, anak-anak Tangerang membuat gerakan Tangerang Clean Action yang mengajak kalangan muda membersihkan lingkungan.

Ada pula gerakan Morning Drawing yang sering mengadakan kumpul bareng, berbagi teknik menggambar, bahkan membuat pameran karya anggota-anggota gerakan tersebut.

BACA JUGA: MENGENAL MORNING DRAWING LEBIH DEKAT

Selain itu, ada pula anak-anak muda yang aktif mengikuti berbagai kegiatan berbagi yang diadakan Indorelawan, sebuah portal informasi kerelawanan.

Sebelumnya, sudah ada gerakan Gelang Harapan yang mengajak kalangan muda lebih mempedulikan para penderita kanker. Gerakan ini sudah berhasil mengajak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta membuat room of hope, ruangan perawatan kanker di rumah sakit tersebut.

Ada pula ChARTrity Project yang menggabungkan konser musik, seni, dan donasi dalam sebuah acara. Diikuti oleh sejumlah komunitas dan organisasi di Jabodetabek, kegiatan ini menyalurkan sumbangan yang terkumpul melalui Yayasan Bekas Beramal Indonesia.

BACA JUGA: CHARTRITY PROJECT BUKTIKAN KEPEDULIAN PEMUDA

Semakin Banyak Peminat

Ketua Umum Yayasan Bekas Beramal Denny M Pondiu menyatakan minat anak-anak muda membuat kegiatan berbagi semakin meningkat tiap bulannya.

“Bulan ini saja saya sudah dihampiri perwakilan himpunan-himpunan mahasiswa Universitas Pamulang yang menyatakan minatnya membuat acara berbagi,” kata Denny.

Denny berharap, semakin banyak yayasan dan penyalur donasi yang terlibat dalam kegiatan berbagi seperti ini. Dengan begitu, manfaatnya dapat disebarkan lebih merata.